Pemrograman GUI

Fungsi-fungsi untuk pembuatan antarmuka berbasis window (GUI) yang disediakan oleh MIDP terbagi atas dua level yaitu high level dan low level. Semua untuk antarmuka berbasis window ini ditangani oleh paket javax.microedition.lcdui

  1. HIGH LEVEL API UNTUK PEMBUATAN GUI

  2. kelas-kelas yang menyediakan fungsionalitas untuk pembuatan GUI pada java , MIDP ada paket javax.microedition.lcdui. Pada paket tersebut ada tiga interface dan 21 kelas.

    DISPLAY

    Untuk menampilkan sesuatu pada layar, misalnya tulisan, form, dan sebagainya harus mengakses display dari perangkat genggam yang dapat diakses dengan kelas javax.microedition.lcdui.Display. Kelas display merupakan kelas yang menyediakan fungsi-fungsi untuk manajemen layar pada perangkat
    genggam, menampilkan objek screen dan menyediakan informasi tentang property dari perangkat genggam yang digunakan. Akses ke layar dapat diacu dengan fungsi statistik getDisplay() pada kelas Display.

    public static Display getDisplay(MIDlet m)


    Penggunaan fungsi ini umumnya dilakukan di dalam fungsi startApp() dimana sebuah MIDlet akan menjadi aktif semacam ini:

    public class yourMidletname extends MIDlet{
    Display display = null;
    public yourMidletname() {
    }
    public void startApp() {
    display = Display.getDisplay(this);
    }
    public void pauseApp() {
    }
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    }


    Setelah mendapatkan objek Display dengan fungsi getDisplay() tersebut, kemudian dapat menggunakan fungsi setCurrent() untuk menentukan objek screen mana yang akan ditampilkan.

    public void setCurrent(Alert x, Displayable yourScreen)


    Fungsi-fungsi lain dari kelas javax.midroedition.lcdui.Display adalah sebagai berikut:
    1. public Displayable getCurrent()
    2. Menghasilkan objek screen-Displayable yang sedang ditampilkan di layar.
    3. public boolean isColor()
    4. Menghasilkan nilai true jika perangkat genggam yang digunakan mendukung warna atau nilai false jika hanya mendukung gray scale.


    SCREEN

    Objek screen menyediakan fungsionalitas untuk interaksi antara pengguna (user) dengan perangkat genggam. Objek screen memiliki 4 jenis objek turunan yang umum digunakan, yaitu Text Box, Alert, List dan Form. Kelas javax.microedition.lcdui.Screen merupakan kelas abstrak dengan dua karakteristik, yaitu objek screen dapat memiliki title dan ticker.Fungsi-fungsi dalam kelas javax.microedition.lcdui.Screen yang digunakan untuk memanajemen properti title dan ticker adalah:
    1. public void setTitle(String s)
    2. Untuk menciptakan property title dari objek screen
    3. public String getTitle()
    4. Menghasilkan string properti title dari objek screen.
    5. public void setTicker(Ticker x)
    6. Untuk menghasilkan properti ticker dari objek screen.
    7. public Ticker getTicker()
    8. Menghasilkan objek ticker yang sedang aktif pada objek screen.


    FORM

    Form memungkinkan untuk menampilkan komponen GUI semacam daftar pilihan, input teks (text box) dalam satu layar. Form diimplementasikan oleh kelas javax.microedition.lcdui.Form. Form dapat menampung komponen2 yang disebut item dalam satu layar, yaitu item tersebut adalah text fields, images, date fields, gauge dan choice group. Item2 tersebut merupakan implementasi dari kelas turunan jacax.microedition.lcdui.Item.

  3. LOW LEVEL API UNTUK PEMBUATAN GUI

  4. Hal2 lain untuk keperluan games, akan banyak dibutuhkan fungsi2 untuk menggambar dan mengolah sesuatu yang levelnya sudah berbentuk pixel2 gambar. Paket javax.microedition.ldcui juga menyediakan fungsi2 yang memungkinkan menggambar garis, titik dan elemen2 dasar lain menggunakan kelas Canvas.

1 komentar:

jorsella mengatakan...

bs mnta contoh cara pembuatan gauge read only gk kyk gmn...mdh2an bs bntu y?

Posting Komentar