Font

Semua pasti udah tau font, Sebuah font digunakan pada antarmuka pemakai (user interface) level rendah. Font digunakan untuk mendefinisikan mode sebuah karakter atau string ke layar perangkat mobile. Penerapan font ini hanya dapat dilakukan di antarmuka pemakai level rendah (low level GUI) seperti pada canvas. Berikut merupakan atribut font dalam J2ME

Mode (style)

  • STYLE_BOLD
  • STYLE_ITALIC
  • STYLE_UNDERLINED
  • STYLE_PLAIN

Jenis (Face)
  • FACE_MONOSPACE
  • FACE_PROPORTIONAL
  • FACE_SYSTEM

Ukuran (Size)
  • SIZE_LARGE
  • SIZE_SMALL
  • SIZE_MEDIUM

Metode-metode yang terdapat di library font (javax.microedition.lcdui.Font) adalah sebagai berikut
  1. static font getFont(int face,int style, int size)
  2. mengembalikan nilai font baru dengan spesifikasi masukan
  3. static font getDefaultFont()
  4. mengembalikan nilai font pada sistem
  5. int getFace()
  6. mengembalikan jenis (face) font yang digunakan
  7. int getStyle()
  8. mengembalikan nilai kombinasi mode (style) atribut font menjadi sebuah nilai integer
  9. int getSize()

  10. mengembalikan nilai ukuran font
  11. boolean isPlain()

  12. mengembalikan nilai true apabila mode yang digunakan adalah plain
  13. boolean isItalic()

  14. mengembalikan nilai true apabila mode yang digunakan adalah italic
  15. boolean isBold()

  16. mengembalikan nilai true apabila mode yang digunakan adalah bold
  17. boolean isUnderlined()

  18. mengembalikan nilai true apabila mode yang digunakan adalah underlined
  19. int getHeight()

  20. mengembalikan nilai tinggi font jika diukur dari garis dasar
  21. int getBaselinePosition()

  22. mengembalikan nilai kenaikan font diukur dari garis dasar (baseline) sampai bagian atas karakter
  23. int charWidth(char ch)

  24. mengembalikan nilai tinggi dari katakter tertentu
  25. int charsWidth(char[] ch, int offset, int length)

  26. mengembalikan nilai tinggi kumpulan karakter (char[] ch) dimulai dari index (offset) sepanjang length
  27. int stringWidth(String str)

  28. mengembalikan nilai tinggi string str
  29. int substringWidth(String str, int offset, int length)

  30. mengembalikan nilai tinggi sub string str dimulai dari index (offset) sepanjang length.


nah semua itu adalah metode-metode yang ada library font. Sekarang kalo yang ini untuk contoh penerapan font.

fontPertama.java

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class fontPertama extends MIDlet {
Display display;
private canvasUtama canvasutama;

public fontPertama() {
display = Display.getDisplay(this);
}

public void startApp() {
canvasutama = new canvasUtama(this, display);
display.setCurrent(canvasutama);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void keluarMidlet() {
notifyDestroyed();
destroyApp(false);
}
}


canvasUtama.java

import javax.microedition.lcdui.*;

class canvasUtama extends Canvas {
private Display display;
private fontPertama midlet;

public canvasUtama(fontPertama midlet, Display display) {
this.midlet = midlet;
this.display = display;
}

protected void paint (Graphics g) {
g.setColor (90,90,90);
g.setFont (Font.getFont (Font.FACE_SYSTEM, Font.STYLE_BOLD,Font.SIZE_SMALL));
g.drawString("Font System Bold Small",10,50,Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
g.setColor (60,60,60);
g.setFont (Font.getFont (Font.FACE_PROPORTIONAL, Font.STYLE_ITALIC,Font.SIZE_MEDIUM));
g.drawString("Font Proportional Italic Medium",10,80,Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
g.setColor (30,30,30);
g.setFont (Font.getFont (Font.FACE_SYSTEM, Font.STYLE_UNDERLINED,Font.SIZE_LARGE));
g.drawString("Font System Underlined Large",10,110,Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
g.setColor (0,0,0);
g.setFont (Font.getFont (Font.FACE_MONOSPACE, Font.STYLE_PLAIN,Font.SIZE_LARGE));
g.drawString("Font Monospace Plain Large",10,140,Graphics.TOP | Graphics.LEFT);
}

protected void keyPressed(int keyCode){
if (keyCode == -5){
midlet.keluarMidlet();
}
}
}



na... itu kodenya kemudian di build ya... dan jalankan. hasilnya seperti screenshoot di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar